Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) merupakan satu-satunya asosiasi yang menghimpun para pengelola pendidikan tinggi ilmu komunikasi baik di tingkat jurusan maupun program studi atau fakultas di seluruh Indonesia. ASPIKOM didirikan pada tanggal 23 Maret 2007 di Salatiga, Jawa Tengah.

Kepengurusan periode pertama dipimpin Ibu Dra. Agustina Zubair, M.Si terfokuskan pada penggalangan dan kepengurusan periode kedua 2010-2013 ditetapkan melalui Kongres ASPIKOM yang digelar oleh Universitas Riau (UNRI), di Pekanbaru lebih kearah pengembangan. Sekretariat ASPIKOM Pusat di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara, Gedung Utama Lantai 11, Jalan S.Parman No.1 Jakarta Barat 11440, dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jalan Hang Lekir I No. 8 Senayan Jakarta Pusat 12070.

Struktur organisasi dan kepengurusan ASPIKOM memiliki Dewan Kehormatan yang terdiri dari para praktisi komunikasi yang memiliki kredibilitas di bidangnya, dan Dewan Pakar yang terdiri dari pakar ilmu Komunikasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sedangkan pengurus pusat diorientasikan mencerminkan perwakilan dari perguruan tinggi penyelenggara program studi, jurusan dan fakultas Komunikasi dari berbagai wilayah.

Untuk mengembangkan dan mendorong lembaga pengelola pendidikan tinggi ilmu komunikasi, ASPIKOM memiliki 4 (empat) bidang kegiatan dalam organisasi yaitu, Bidang Kurikulum dan Pembelajaran, Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Bidang Penelitian dan Pengembangan, dan Bidang Humas dan Kerjasama.

Mengingat perkembangan pendidikan tinggi ilmu komunikasi, maka ASPIKOM membentuk 13 Koordinator Wilayah seluruh Indonesia, yaitu : (1) Sumatera Utara- Aceh, (2) Riau, (3) Sumbar (4) Bengkulu (5) Sumatera Selatan (6) Lampung, (7) DKI-Jakarta,Bogor dan Bekasi (8)Banten (9) Jawa Barat (10) Jateng –DIY (11) Jawa Timur- Bali (12) Kalimantan dan (13) Sulawesi. Penyelenggara pendidikan tinggi Ilmu Komunikasi yang belum masuk dalam cakupan koordinator, sementara dapat bergabung dengan koordinator wilayah terdekat, sebelum membentuk kepengurusan wilayah yang sesuai dengan faktor geografis.

Jakarta, 11 Maret 2012
Sekretariat Aspikom Pusat 2012